Ini Dia 6 Siasat BI 'Jinakkan' Krisis Global

Bank Indonesia (BI) menyatakan telah menyiapkan enam strategi kebijakan untuk memperkuat ketahanan dan meningkatkan daya saing ekonomi dalam negeri dari ancaman krisis global.

Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo mengatakan enam strategi tersebut adalah:


  1. Mengoiptimalkan peran kebijakan moneter dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional
  2. Meningkatkan efisiensi intermediasi dan menyiapkan ketahanan perbankan nasional serta daya saing menghadapi persaingan bebas
  3. Meningkatkan efisiensi sistem pembayaran
  4. Memperkuat antisipasi dampak krisis global dengan membangun mekanisme pencegahan krisis
  5. Meningkatkan peran BI dalam pemberdayaan sektor riil
  6. Meningkatkan tata kelola manajemen BI
"Untuk yang pertama, kebijakan moneter BI yang sudah berjalan baik dengan mendorong suku bunga turun perlu terus diupayakan. Penurunan suku bunga acuan diharapkan bisa diikuti penurunan suku bunga perbankan baik simpanan atau pinjaman sehingga meningkatkan efektivitas perekonomian," kata Perry saat ditemui di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (15/11/2011).

Sementara soal siasat yang kedua, Perry mengatakan BI terus mengupayakan agar bunga kredit bank turun dengan cara efisiensi perbankan.

Untuk kebijakan ketiga, Perry menjelaskan upaya BI meningkatkan daya saing Indonesia melalui peningkatan efisiensi sistem pembayaran lewat pembentukan National Payment Gateway, yang tujuannya memudahkan masyarakat bertransaksi dan juga untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.

"Keempat, saat ini BI sedang menyusun mekanisme antisipasi dampak krisis global dengan membangun mekanisme pencegahan krisis atau protocol management krisis terkait nilai tukar dan perbankan. Protocol ini akan disinergikan dengan pemerintah," kata Perry. 

Lalu kebijakan kelima, adalah upaya BI meningkatkan sektor UMKM dalam memperkuat perekonomian nasional. 

Terakhir, BI memperbaiki kompetensi dan integritas setiap komponen di dalam lembaganya serta memperkuat kondisi keuangannya agar mampu bertahan di tengah guncangan.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
Copyright © Belajar Ekonomi Islam
Designs By Sehat Dengan Olahraga