Bank Dunia: Transisi Pembentukan OJK Berisiko Besar ,.

Pemerintah dan DPR baru saja mengesahkan pembentukan lembaga pengawas perbankan dan lembaga keuangan baru yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di tengah ancaman krisis gobal, transisi pembentukan OJK memiliki risiko besar.

"Saya katakan RI dihadapkan pada risiko besar dan tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh otoritas keuangannya di mana harus mengamankan masa transisi ke OJK," ungkap Lead Financial Sector Specialist Bank Dunia, PS Srinivas di sela yang mengangkat tema 'Dealing with the Challanges of Macro Financial Linkage in Emerging Market' di Hotel Nikko, Bali, Kamis (1/12/2011).

Dijelaskan Srinivas, keputusan parlemen yang akhirnya memindahkan pengawasan jasa keuangan kepada sebuah lembaga OJK perlu didukung. Memang jika dilihat secara global, beberapa negara mempunyai keragaman sistem pengawasan jasa keuangan.

"Beberapa dari negara ada yang sukses dan ada juga yang gagal. Maka sangat penting ketika RI harus mengambil pelajaran bagaimana membuat struktur keuangan menjadi lebih baik," tutur Srinivas.

Lebih jauh Srinivas melihat pendirian OJK bukan merupakan suatu keputusan yang tepat atau tidak. Pertanyaannya, apakah OJK akan efisien dan berfungsi baik di tengah kondisi ancaman krisis global.

"Namun keputusan tersebut sudah dibuat, OJK akan mempunyai tanggung jawab yang besar di sektor finansial," ungkap Srinivas.

Bank Dunia juga memberikan catatan-catatan yang harus diperhatikan dalam pendirian OJK. Menurut Srinivas, BI harus bisa memantau secara ketat dan memperhatikan sistem keuangan secara khusus ditengah masa transisi OJK.

"BI harus menghadapi tantangan yang sangat penting. Masa transisi harus dijalani dengan baik bersama Kementerian Keuangan. Karena transisi adalah masa yang paling sulit dihadapi," jelasnya.

"Jika anda membuat sebuah perubahan dari kedua institusi menjadi satu akan terdapat perbedaan kultur. Oleh sebab itu tantangan harus diatur dengan baik waktu demi waktu," imbuh Srinivas.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
Copyright © Belajar Ekonomi Islam
Designs By Sehat Dengan Olahraga