Indinesia Masuk 6 Kekuatan Baru Ekonomi Dunia, di Tahun 2025

Bank Dunia menyatakan akan ada 6 negara kekuatan baru sebagai penopang ekonomi dunia. Keenam negara tersebut adalah Brasil, China, India, Indonesia, Korea Selatan, dan Rusia.

Di 2025, lebih dari 50% pertumbuhan ekonomi dunia disumbangkan oleh keenam negara kekuatan ekonomi baru ini. Bank Dunia menyatakan di 2025 keenam kekuatan baru ekonomi dunia ini akan membantu pertumbuhan ekonomi di negara-negara miskin.

Hal ini terungkap dalam laporan Bank Dunia bertajuk 'Global Development Horizons 2011'. Dalam laporan tersebut dikatakan ekonomi negara berkembang akan tumbuh rata-rata 4,7% dari 2011 sampai 2025. Sementara negara maju hanya tumbuh 2,3% saja pada perikode yang sama.

"Pertumbuhan ekonomi yang kencang di negara berkembang bakal membuat pusat perekonomian dunia berpindah ke negara-negara berkembang ini. Ekonomi negara berkembang bakal menjadi kekuatan industri baru di dunia," ujar Ekonom Bank Dunia Justin Yifu Lin seperti dikutip dari situs Bank Dunia, Rabu (15/6/2011).

Dalam laporan tersebut, ekonomi di keenam negara ini tumbuh dengan pemicu yang berbeda.

Untuk China dan Korsel, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh arus ekspor yang cukup tinggi. Sementara untuk Brazil, Mexico, ataupun Indonesia ekonomi tumbuh karena laju konsumsi dalam negeri yang tinggi.

Justin juga mengatakan, prediksi melonjaknya ekonomi di keenam negara ini karena laju pertumbuhan sektor perdagangan di negara berkembang sangat tinggi.

Pada 19995 lalu, pertumbuhan perdagangan di negara berkembang hanya mencapai 26%, namun di 2010 lalu perdagangan di negara berkembang berhasil tumbuh sebesar 42%.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
Copyright © Belajar Ekonomi Islam
Designs By Sehat Dengan Olahraga