Banyak Mafia di Bea Cukai, DPR Bentuk Panja

Komisi XI DPR yang membidangi anggaran menilai banyak kebocoran akibat ulah mafia dalam penerimaan negara di sektor Bea dan Cukai. Komisi XI membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengawasi sektor tersebut.

"Kita telah bentuk Panja Penerimaan Bea dan Cukai. Hal ini untuk mengoptimalkan penerimaan negara," ujar Wakil Ketua Komisi XI Achsanul Qosasi kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/10/2011).

Komisi XI, terang Achsanul mencurigai adanya kebocoran negara dari dua sektor tersebut. Panja nantinya akan mengawasi dan terjun langsung untuk mengecek adanya dugaan kebocoran yang sangat merugikan negara itu.

"Bea impor dan ekspor kan naik itu akan kita awasi. Juga soal Cukai rokok misalnya yang banyak dipalsukan, seperti yang banyak dikeluhkan para pengusaha kecil," terangnya.

Menurut politisi Demokrat ini, Komisi XI sering mendapatkan keluhan dan masukan perihal mafia kepabeanan. Hal tersebut menurutnya membuat pemasukan negara dari sektor Bea dan Cukai tidak maksimal.

"Salah satu tumpuan pemasukan negara kita dari Bea dan Cukai, kalau di sini tidak maksimal karena adanya mafiakan sangat disayangkan. Kita juga sering mendapatkan keluhan adanya mafia di sektor ini, makanya akan kita usut," imbuhnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
Copyright © Belajar Ekonomi Islam
Designs By Sehat Dengan Olahraga